Saturday, April 7, 2012

Po, Kungfu Panda dan Adhekku...

Tulisan ini special presented for my dearest Brother... Namun semoga juga bermanfaat buat adhek-adhekku semua, tanpa kecuali...

Enjoy! ;)

============///

Malam ini sebuah TV swasta menayangkan film “Kungfu Panda”. Sebuah film kartun yang telah berulang kali kutonton dan tak pernah membosankan buatku. Ada 2 alasan kenapa film ini begitu menyenangkan buatku. Yang pertama, film selalu mengingatkanku pada adhek bungsuku yang gendut dan suka makan hehe… setiap kali melihat Po, si Panda, selalu saja yang terbayang di kepalaku adalah wajah adhikku hihihi… Dan yang kedua, film ini penuh dengan filosofi. Filosofi hidup yang berat namun terasa ringan disampaikan dalam film ini.

Malam ini, aku ingin menulis tentang Po, Kungfu Panda dan adhekku.



Aah, dhek… jangan marah yaa. Sebenarnya yang Mbak harapkan kamu tidak tersinggung dengan ini. Sesungguhnya ketika Mbak panggil kamu “Po”, Mbak tidak bermaksud mengejekmu, tapi menunjukkan rasa sayang Mbak padamu. Kau tau dhek? Mbak sangat berharap kamu bisa mengadopsi makna yang terkandung dalam film ini.
Seperti diawal film ini, ketika ada percakapan antara Po dengan Ayahnya:

Po: But dad, didn't you ever, I don't know, want to do something else? Something besides noodles? 
Mr. Ping: Actually, when I was young and crazy, I thought about running away and learning how to make tofu. 
Po: So why didn't you? 
Mr. Ping: Oh, because it was a stupid dream; can you imagine *me* making tofu?  [laughs airily
Mr. Ping: No: we all have our place in this world: mine is here, and yours is... 
Po: I know: here. 
Mr. Ping: [throws Po bowls of soup to catch] No, it's at tables two, five, seven and twelve.Service with a smile

 Dhek, kadangkala orang2 seperti ayah Po memang ada. Bukan ada, tapi banyak… Mereka yang bermimpi tapi kemudian membuang mimpinya hanya karena itu bukan sesuatu yang biasa dilakukan oleh pendahulunya atau orang-orang yang lain. Memang benar bahwa masing-masing kita telah memiliki “tempat” di dunia ini, namun tetap kita-lah [atas izin Alloh] yang men-define tempat kita. Menjadi apa, siapa dan dimana kita, the decision is in your hand. Namun apapun yang akan kemudian terjadi, tetaplah service with a smile ;)

Kemudian saat Master Shifu dipanggil oleh Master Oogway tentang vision-nya bahwa Tai Lung akan kembali, Master Shifu bilang:

Shifu: That is impossible, he’s in prison
Oogway: Nothing is impossible

Ya dhek, tidak ada yang tidak mungkin (jika Alloh menghendaki)!!!... “Sesungguhnya Alloh tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” [QS Ar Ra’d / 13:11]

Kemudian Oogway menenangkan Master Shifu yang lagi panic 

Oogway: “your mind is like this water my friend, when it is agitated, it becomes difficult to see. But if you allowed to settle, the answer’s becomes clear”

Nah, pas banget kan? Semua kebingunganmu tentang Tugas Akhir dan “ancaman” yang datang dari mereka yang mestinya menasehatimu dengan kedewasaan yang menenangkan pasti menyebabkan “air danau”mu bergolak dan kamu menjadi panic. So, tenangkan diri dan pikiranmu Adhekku, dan insyaAlloh dengan ketenangan itu jalan keluarmu akan menjadi lebih terang. OOT sejenak, jika belum terang, berdoalah agar diterangkan, jika masih belum terang juga, tanya Bapak Kost, udah bayar listrik apa belon??? Kwkwkw… huss!!! ;)

Dan Dhek, kemudian lihatlah bagaimana kuatnya usaha Po untuk bisa masuk ke dalam Jade Palace. Kegagalan demi kegagalan tidak membuatnya menyerah, bahkan saat Ayahnya membujuknya untuk kembali ke “reality”nya. Disaat putus asa itu, pertolongan akan tiba (lihat bagaimana kembang apinya kemudian menyala dan “mengantarkannya” masuk ke Jade Palace disaat-saat terakhir). Begitu juga saat Master Shifu mencoba “mengusirnya” keluar dari Jade Palace, ataupun saat Master Shifu melatihnya dengan sangat keras di hari keduanya. Kau tau apa katanya?

Po: But a real warrior is never quite. Don’t worry master, I would never quit

He never quit. Memang dalam sesi hidup kita akan selalu ada sesi galau, tapi jangan biarkan sesi galau itu melemahkan dan memutus usaha keras kita. Oya, coba lihat ini juga: QS 2:214 “sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat”.

Ketika kemudian Master Shifu tidak mempercayai dan mempertanyakan Master Oogway tentang ditunjuknya Po sebagai Dragon Warrior, he says: 

Oogway: There are no accidents.

Yaah, tidak ada yang namanya kebetulan Dhek.. Even dalam pengocokan dadu atau pengundian hadiah, bukanlah sebuah kebetulan, melainkan probabilitas [thuing, nyamper ke statistic sdikit, hehe]. Dalam hal ini kuasaNYA lah yang memberi warna… tentunya setelah keputusan dan kerja keras kita ;)

Dhek, ada satu bagian percakapan yang sangat Mbak suka: 
Po: Maybe I should just quit and go back to making noodles. 
Oogway: Quit, don't quit? Noodles, don't noodles? You are too concerned about what was and what will be. There is a saying: yesterday is history, tomorrow is a mystery, but today is a gift. That is why it is called the "present." 

Yah, bagian inilah yang paling Mbak suka. Do you know why? Yaah, karna Mbak pernah mengalaminya sendiri. Pernah begitu terbayang masa lalu dan penuh dendam, sehingga semua keputusan didasarkan pada amarah itu. Dan rupanya itu tidak ada gunanya. Bukan kebahagiaan dan ketentraman yang muncul, namun malah “kehancuran” (if I can say that). Pernah juga mengalami ketakutan akan masa depan, yang nampak begitu buram, namun ketakutan itu hanya menghabiskan energy, menghasilkan kelelahan yang luar biasa, sehingga rasanya setiap hari adalah mendung. Dan Mbak belajar. Meskipun 2 hal itu masih kadang mampir dalam hidup Mbak, namun tak kan kubiarkan dia menyerap semua energy-ku untuk sia-sia, tidak! And you can see me now… Dhek, buanglah dendammu. Just let them. Dan singkirkan dulu ketakutanmu. You see what you have now, and be thankful for that. And use what you have today, right here, right now, to give your best effort for yourself, for lovely people around you. Jadikan dirimu bermanfaat buat sesama. Giving more, expect less. Berhenti menuntut! ;)

Ketika kemudian Po bersemangat berlatih di pagi keduanya, ada pesan dari Master Shifu yang cukup menarik Dhek…

Shifu: You actually thought you can learn to do full split in one night?
It takes years to develop one flexibility, and years to applied it in combat

Yaaah, itulah yang ada adhekku. Butuh waktu untuk belajar mengerti, memahami, menguasai sesuatu dan masih akan butuh waktu lagi untuk menggunakan pengertian, pemahaman dan penguasaan itu dalam kehidupan. Karna itu Mbak berpesan, jangan bosan belajar, jangan bosan untuk selalu mengulang dan mengulang hal-hal yang mestinya kita pahami dan kita kuasai. Long life learns and Practice make perfect, you know… Dan mungkin itulah maksud pembimbingmu untuk selalu dan selalu memintamu bertemu dan memperbaiki TA-mu dhek, hehehe ;)

Seringkali, dalam sharing kita, kamu selalu mengeluhkan tentang penampilanmu. Tentang perut, tentang kepala. Seolah semua kehidupanmu terganggu oleh hal-hal itu. Sementara untuk mengubahnya sendiri, adhek sudah terjebak dalam “lack of –illusion of control-“. Merasa tidak mampu. Merasa berat. Padahal tau kah kamu dhek? Bahwa semakin kau percaya bahwa kau tidak mampu, maka keseluruhan sistem dalam tubuhmu akan menguatkan pandangan itu, dan tetaplah kau akan seperti itu. Semakin kau tidak mampu mengubah fisikmu, semakin stress yang kau dapatkan, semakin “machine” fisiologismu “menyuruhmu” mempertahankan physical state-mu saat ini, or even worse. Dengarlah apa kata Master Oogway tentang ini:

Oogway: My friend, the panda will never fulfill his destiny, nor you yours until you let go of the illusion of control.
Shifu: Illusion? 
Oogway: Yes. 
[points at peach tree
Oogway: Look at this tree, Shifu: I cannot make it blossom when it suits me nor make it bear fruit before its time. 
Shifu: But there are things we *can* control: I can control when the fruit will fall, I can control
where to plant the seed: that is no illusion, Master! 
Oogway: Ah, yes. But no matter what you do, that seed will grow to be a peach tree. You may
wish for an apple or an orange, but you will get a peach. 
Shifu: But a peach cannot defeat Tai Lung! 
OogwayMaybe it can, if you are willing to guide, to nurture it, to believe in it
Shifu: But how? How? I need your help, master. 
Oogway: No, you just need to believe. Promise me, Shifu, promise me you will believe

Dhek, yang kau butuhkan saat ini adalah PERCAYA. Percaya bahwa kamu akan bisa mengubah/memperbaiki keadaan fisikmu yang kamu rasakan tidak nyaman saat ini. Atau kamu bisa PERCAYA, bahwa bagaimanapun kondisi fisikmu saat ini, tidak akan terlalu mempengaruhi kehidupanmu, bahkan percaya bahwa kondisi fisikmu saat ini adalah pelecut semangat untuk berubah menjadi lebih baik. Tinggal kau pilih mana yang harus kau PERCAYA… Seperti yang dibilang oleh Ayah Po:

 Mr. Ping: The secret ingredient is... nothing! 
Po: Huh? 
Mr. Ping: You heard me. Nothing! There is no secret ingredient. 
Po: Wait, wait... it's just plain old noodle soup? You don't add some kind of special sauce or something? 
Mr. Ping: Don't have to. To make something special you just have to believe it's special
[Po looks at the scroll again, and sees his reflection in it
Po: There is no secret ingredient... 


So now… Just believe, that YOU ARE SPECIAL my dearest Brother. Just believe that you are able to change yourself into what you wanna be Learn, practice, evaluate, over and over, never stop to fight for your future life, a better life. Believe that you can prove yourself to our parents. There’s no accident Brother, everything needs a smart work hard, and nothing is impossible… ;)


ps: beberapa quotes saya ambil dari sini

2 comments:

  1. Semoga Info yang telah kami baca diartikel ini dapat bermanfaat untuk
    Pengunjung, dan ini memang artikel yang sangat menarik untuk dilewatkan begitu saja.banyak hal yang telah Kami terima sesudah
    membaca Info ini akan Kami coba untuk pahami lebih lanjut.
    Terimakasih untuk posting ini. kalau mau, saya ingin Anda juga datang di beranda kami di http://youtu.be/5JS3DIe0mJs

    Here is my page :: Film Anak Anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah menyempatkan diri mampir dan membaca tulisan ini Bapak/Ibu, semoga memberikan manfaat... :)
      Ah yaa, saya sudah mampir ke link film anak-anak milik anda... nice ;)

      Delete