Friday, March 23, 2012

Kesukarelawanan dan Manfaatnya yang Mengejutkan

by Nuretha Hevy Purwaningtyas on Tuesday, August 17, 2010 at 12:45am


Membantu Diri Sekaligus Membantu Lainnya

Dalam masyarakat yang sibuk saat ini,akan sulit untuk berpikir tentang menemukan waktu untuk menjadi relawan. Namun,manfaat sukarelawan sangat besar, baik untuk Anda, keluarga dan masyarakat. Menjadi relawan di tempat yang tepatdapat membantu Anda menemukan teman-teman, menjangkau masyarakat, belajarketerampilan baru dan bahkan memajukan karir Anda. Kesukarelawanan bahkan dapat membantu melindungi kesehatan mental dan fisik. Pelajari lebih lanjut tentang manfaat banyak relawan dan tips untukmenemukan tempat yang tepat untuk Anda.


Manfaat relawan # 1:Kesukarelawanan menghubungkan Anda dengan orang lain

Salah satu manfaat yang lebih terkenal dari relawan adalahdampak pada masyarakat. Relawan yang tidak dibayar sering menjadi perekat yangmemegang sebuah komunitas bersama. Kesukarelawanan memungkinkan Anda untukterhubung ke komunitas Anda dan membuatnya menjadi tempat yang lebih baik.Namun, relawan adalah jalan dua arah, dan dapat menguntungkan Anda dan keluarga Anda sebanyak yang menyebabkan Anda memilih untuk membantu. Mendedikasikan waktu Anda sebagai seorang sukarelawan membantu Anda membuat teman-teman baru,memperluas jaringan, dan meningkatkan keterampilan sosial Anda.

Sukarela membantu Anda membuat teman baru dan kontak
Salah satu cara terbaik untuk membuat teman baru dan memperkuat hubungan yang ada adalah untuk melakukan kegiatan bersama untuk bersama-sama. Sukarela merupakan cara terbaik untuk bertemu orang baru, terutama jika Anda baru ke suatu daerah. Relawan juga memperkuat hubungan Anda kepada masyarakat dan memperluasjaringan dukungan Anda, mengekspos Anda kepada orang-orang dengan kepentingan umum, lingkungan sumber daya, dan kegiatan menyenangkan dan memuaskan.

Kesukarelawanan meningkatkan keterampilan Anda dan hubungan sosial
Sementara beberapa orang secara alami tampil dengan mudah (easy going), yang lain adalah pemalu dan sulit bertemu orang baru. Menjadi relawan  memberikan Anda kesempatan untuk melatih dan mengembangkan keterampilan sosial Anda, karena Anda akan bertemu secara teratur dengan sekelompok orang dengan kepentingan bersama. Setelah Anda memiliki momentum, lebih mudah untuk berkembang dan membuat lebih banyak teman dan kontak.

Sukarela sebagai sebuah keluarga
Meski mungkin menjadi tantangan untuk mengkoordinasikan jadwal semua orang, relawan sebagai sebuah keluarga memiliki banyak manfaat yang berharga. Anak-anak menonton semua yang Anda lakukan. Dengan memberikan kembali kepada masyarakat, Anda menunjukkan kepada mereka secara langsung bagaimana sukarela membuat perbedaan dan bagaimana rasanya untuk membantu orang lain dan menetapkan perubahan. Ini juga merupakan cara yang berharga bagi Anda untuk mengenal organisasi di masyarakat dan mencari sumber daya dan kegiatan untuk anak-anak Anda dan keluarga.

Manfaat relawan # 2: Kesukarelawanan baik untuk pikiran dan tubuh

Sukarela memberikan banyak manfaat bagi kesehatan baik mental maupun fisik.
*Kesukarelawanan meningkatkan kepercayaan diri. Relawan dapat memberikan dorongan sehat untuk kepercayaan diri Anda, harga diri dan kepuasan hidup. Anda berbuat baik untuk orang lain dan masyarakat, yang memberikan rasa alami berprestasi (rasa pencapaian pribadi). Peran Anda sebagai seorang sukarelawan juga dapat memberikan rasa kebanggaan dan identitas. Dan lebih baik Anda merasa tentang diri Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk memiliki pandangan positif kehidupan dan tujuan masa depan.
*Kesukarelawanan memerangi depresi. Mengurangi risiko depresi manfaat penting lainnya relawan. Faktor risiko utama untuk depresi adalah isolasi sosial. Sukarela membuat Anda tetap dalam kontak rutin dengan orang lain dan membantu Anda mengembangkan suatu sistem pendukung yang solid, yang pada gilirannya akan melindungi Anda terhadap stres dan depresi ketika Anda akan melalui masa yang sulit.
* Kesukarelawanan membantu Anda tetap sehat secara fisik. Relawan yang baik untuk kesehatan Anda pada usia berapa pun, tapi itu sangat bermanfaat pada orang dewasa yang lebih tua. Studi telah menemukan bahwa mereka yang sukarela memiliki tingkat kematian lebih rendah daripada mereka yang tidak, bahkan ketika mempertimbangkan faktor-faktor seperti kesehatan peserta. Relawan juga telah terbukti mengurangi gejala sakit kronis atau penyakit jantung.

Manfaat relawan # 3: Kesukarelawanan dapat memajukan karir Anda
Jika Anda, mempertimbangkan karir baru, relawan dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman di bidang yang Anda minati dan bertemu orang di lapangan. Bahkan jika Anda, tidak berencana untuk mengubah karir, sukarela memberi Anda kesempatan untukmempraktekkan keterampilan-keterampilan penting yang digunakan di tempat kerja,seperti kerja sama tim, komunikasi, pemecahan masalah, perencanaan proyek,manajemen tugas, dan organisasi. Anda mungkin merasa lebih nyaman membentangkan sayap Anda di tempat kerja setelah Anda, mengasah keterampilan ini dalam posisi sukarelawan pertama.

Relawan dapat memberikan pengalaman karir
 Sukarela menawarkan Anda kesempatan untuk mencoba karir baru tanpa membuat komitmen jangka panjang. Ini juga merupakan cara yang baik untuk memperoleh pengalaman dalam bidang baru. Dalam beberapa bidang, Anda bisa menjadi sukarelawan secara langsung pada organisasi yang melakukan jenis pekerjaan yang Anda, tertarik. Misalnya, jika Anda tertarik pada perawatan,Anda bisa sukarelawan di rumah sakit atau panti jompo. kerja sukarela Anda mungkin jugamengekspos Anda kepada organisasi profesional atau magang yang dapat bermanfaat bagi karir Anda.

Relawan dapat mengajarkan keterampilan pekerjaan Anda yang berharga
 Hanya karena pekerjaan sukarela yang tidak dibayar tidak berarti keterampilan yang Anda pelajari merupakan ketrampilan dasar saja. Banyak peluang sukarela memberikan pelatihan yang ekstensif. Misalnya, Anda dapat menjadi konselor krisis berpengalaman sekaligusmenjadi relawan di tempat penampungan perempuan, atau anda seorang sejarawan seni berpengetahuan sekaligus menyumbangkan waktu Anda sebagai pemandu wisata museum.

Menjadi Relawan juga dapat membantu Anda membangun keterampilan yang sudah Anda miliki dan menggunakannya untuk manfaat masyarakat yang lebih besar. Misalnya, jika Anda memegang posisi penjualan yang sukses, Anda bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk beramal terhadap yayasan favorit Anda, sambil terus mengembangkan danmeningkatkan berbicara di depan umum Anda, komunikasi, dan keterampilan pemasaran.

Ketika menjadi Relawan, semangat dan positif adalah satu-satunya persyaratan
Sambil belajar keterampilan baru dapat bermanfaat bagi banyak orang, itu bukan merupakan syarat untuk memenuhi pengalaman relawan. Ingatlah bahwa keterampilan yang paling berharga yang dapat Anda bawa ke setiap upaya sukarelawan yang belas kasih, pikiran yang terbuka, kesediaan untuk melakukan apa saja yang diperlukan, dan sikap positif.

Manfaat relawan # 4: Kesukarelawanan membawa kesenangan dan pemenuhan dalam hidup Anda

Menjadi Sukarelawan adalah hal yang menyenangkan dan mudah untukmengeksplorasi minat dan gairah. Ketika Anda melakukan pekerjaan sukarela, Anda menemukan sesuatu yang bermakna dan cara yang menarik untuk "melarikan diri" dari rutinitas sehari-hari seperti  kerja, sekolah, atau komitmen keluarga. Relawan juga menyediakan Anda dengan kreativitas baru, motivasi, dan visi yang dapat terbawa ke dalam kehidupan pribadi dan profesional.

Banyak orang menjadi sukarelawan sebagai hobi di luar pekerjaan juga. Misalnya, jika Anda memiliki pekerjaan di kantor dan lama untuk menghabiskan waktu di luar rumah, Anda bisamempertimbangkan sukarelawan untuk membantu tanaman kebun masyarakat, memimpin tim Hiker/Pendaki atau membantu di kamp anak-anak.

Pertimbangkan tujuan dan minat AndaAnda akan memiliki pengalaman sukarela lebih kaya dan lebih menyenangkan jika pertama kali Anda mengambil beberapa waktu untukmengidentifikasi tujuan dan minat Anda. Mulailah dengan berpikir tentang mengapa Anda ingin menjadi sukarelawan. Juga berpikir tentang apa yang Anda lakukan akan menikmati. Menjadi Relawan di bidang yang cocok baik tujuan dan minat Anda akan menyenangkan dan memuaskan bagi Anda.
 ·  ·  · Share · Delete
    • Harmadji Pede Yang jelas kesukarelawan bekerja dengan ikhlas tanpa pamrih. Manfaat lain bagi diri sendiri adalah aktualisasi diri. Meminjam istilah Jusuf Kalla, relawan sejati diibaratkan mewakafkan sebagian waktunya bahkan dirinya untuk membantu orang lain. Makanya tak heran relawan bukan hanya rela bekerja untuk orang lain juga suka berkorban materi bagi orang lain.
    • Nuretha Hevy Purwaningtyas Thanks jempolnya Jeng Wati... ;)
    • Nuretha Hevy Purwaningtyas Sepakat sekali Pak Harmadji... InsyaAlloh semuanya kalau didasari rasa ikhlas akan memberikan dampak positif baik bagi pribadi maupun orang lain ;)
    • Dino Aldi tenan ta dik,w0ng depresi iso waras gara2 bekerja tanpa pamrih?berarti obt sing paling mujarab adalah ikhlaS???
    • Nuretha Hevy Purwaningtyas Yups Kang... Sebenarnya orang depresi hanya karna ia memikirkan dirinya sendiri, tapi cobalah sekali membuka matamu ke dunia luar, lihatlah orang lain yang membutuhkan uluran tanganmu, dan ulurkan tanganmu pada mereka, syukuri itu, niscaya depresi tak kan mengganggumu... wes toh coba'en lek gak percoyo! ;)
    • Harmadji Pede Setuju dr. Retha. Stress itu sakit mental yang merupakan manifestasi ketidaksesuaian harapan terhadap kenyataan. Semakin besar harapan dan semakin besar ketidaksesuaian, semakin berat stress yang dialami. Sementara ikhlas adalah sikap mental tanpa mengharapkan sesuatu. Tanpa beban.

No comments:

Post a Comment