Saturday, March 24, 2012

RECAP...

by Nuretha Hevy Purwaningtyas on Wednesday, July 13, 2011 at 7:13pm


Hari ini iseng mampir ke Perpustakaan Kota Malang. Well, it’s getting great. The building, the staff, the facility, the books, overall situation is nice.

Sempetin sebentar ngebaca buku tentang studi @ Amerika. A simple but quite descriptive book, it’s good.
Dan ada satu yang cukup menarik perhatianku, tentang recap, rangkuman. Di semua bagian dari bab-nya selalu ada recap. Memudahkan pembaca untuk mengetahui apa yang dibahas dalam bab tersebut tanpa harus membaca keseluruhan bab-nya. Well, for me it’s good.

Terlintas dalam benak, berapa banyak dari kita yang selalu me-recap apa yanf terjadi dalam keseharian hidup kita? Detik demi detik yang berjalan, yang kita lalui dan tak mungkin kita ulangi? Dalam beberapa kajian islami yang pernah aku ikuti, kita disarankan untuk melakukan muhasabah, terutama menjelang kita tidur. Disarankan untuk menghitung-hitung, bukan perbuatan baik yang kita lakukan namun perbuatan buruk yang kita lakukan sepanjang hari ini dan kemudian memohon maaf & pengampunan, baik ke sesama maupun padaNYA. Dan aku fikir, recap adalah part of muhasabah (atau sebaliknya?). Dalam hal seperti ini, recap menjadi sangat positif karna akan memacu kita untuk lebih berhati2 menjalani esok hari kita dan memacu kita untuk menjalaninya lebih baik lagi.

Recap, dalam keseharian juga penting, sebagai evaluasi terhadap hal2 lain terkait pekerjaan atau yang lain. Dengan meng-evaluasi langkah2 kita hari ini, yang mungkin terdapat kesalahan dalam mengambil keputusan, kita bisa belajar agar tak lagi mengulangi kesalahan yang sama untuk ke-2, ke-3 atau kesekian kalinya. Well, I can say that recap bisa mencegah kita untuk tidak menjadi keledai! Hehehe…

Daily recap, weekly recap or monthly recap bisa jadi sangat dibutuhkan, tidak hanya untuk perbaikan karir dan kehidupan material kita, namun bisa juga memperbaiki perkembangan kehidupan psikologis/mental serta mungkin iman juga.
Ahaaa, jadi ingat bentar lagi masuk bulan Ramadhan, I think it’s a great time for yearly recap loh… Waktunya me-recap setahun ini, dari sejak 1 Syawal yang lalu hingga menjelang 1 Ramadhan esok, apa saja yang telah kita lakukan buat meningkatkan keimanan kita, apakah ini menebal atau menipis? Recap juga perkembangan karir kita, as a professional doctor, as a housewife, as a daughter/granddaughter of my parents/grandpa and as a personal “hamba”NYA? Am I getting better, or getting worse?

Well, I think I’m gonna cry, hikshiks…

LET’s RECAP!!

Malang, 13 Juli 2011
Ps: Sembari menunggu memasuki Ramadhan, sekalian ajah yaah saya minta maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan, insyaAlloh semua itu tidak disengaja… sungguh kok, saya gak jahat hikshiks hehe ;)
Selamat menyambut Ramadhan teman2… ;)
 ·  ·  · Share · Delete
    • Nurisma Fira 
      diusahakan, tha... dlm bentuk notes di facebook minimal... salah satu kekurangan orang Indonesia adalah membaca blm jadi budaya... dgn sendiri aktivitas menulis juga terasa berat... masih ingat khan, opini umum dokter2 di Barat scr praktek tdk akan pernah bisa secanggih dokter2 PTT kita yg berada di pelosok desa terpencil di luar Jawa misalnya... mungkin ya benar begitu.... tapi riset yg baik selalu memerlukan pengarsipan, rekam medis, apa pun namanya yg berbentuk tulisan... so, mari membaca... dan menulis...
    • Nuretha Hevy Purwaningtyas Iyah, thanks Fir... Everytime emang slalu berusaha nulis, beberapa yg kupikir layak n bisa me-motivasi aku share di FB. Kelak pengennya ada newspaper ato magazine yg nglirik hehe, ngimpi dah... But you know, aku sngaja ga' tag siapapun di notes kali ini, pingin tau aja sapa yg emang interest and write comment karna betul2 baca. Again, thanks for your valuable input yaaah, let's keep writing ;)
    • Eva Rosita Dewi terasa banget beda budaya menulis ama membaca... aku juga sempet kaget pas pertama mulai study disini, tapi sistem yg mereka buat disini bikin aku harus baca, dan dan baca bahkan nulis setiap hari...
    • Nuretha Hevy Purwaningtyas Eva, he eh ya Jeng... Jadi ganok critanya rangkuman dongeng e dosen kayak kita dulu waktu S1 kan yoo? Hehehe...
      Jadi makin pingin skolah abroad ajah, hiks...

No comments:

Post a Comment