Saturday, March 24, 2012

Seminar, Simposium, Lokakarya/Workshop, Training... Apa bedanya sih?

by Nuretha Hevy Purwaningtyas on Thursday, March 15, 2012 at 11:25pm 

Hai there,

Tulisan ini muncul karena dorongan kuat dari teman2 FB yang berkomentar pada statusku hari ini: “Rupanya bahkan pada lingkungan akademik pun masih banyak yang bingung membedakan training, workshop/lokakarya, simposium, ato seminar. Mungkin juga bingung dengan mentoring, coaching ... hmm, perlu dibuatkan tulisan nggak yaa? hehehe ;D”


Terus terang, bukan apa-apa. Hanya saja tergelitik dengan beberapa undangan seminar dan workshop yang datang dari internal kampus beberapa waktu terakhir ini. Let say, undangan workshop “Penulisan Buku Ajar bagi Dosen FKUB” pada hari Rabu, 7 Maret 2012 yang lalu (http://fk.ub.ac.id/id/berita-322-workshop-penulisan-buku-ajar-bagi-dosen-fkub.html), undangan pelatihan yang akan datang dari unit pengabdian masyarakat, yang ketika saya baca susunan acaranya saja sudah bisa menunjukkan bahwa nampaknya ini bukan training, melainkan seperti seminar saja… we’ll see minggu depan yaa. Dengan panitia penyelenggara “workshop” diatas sudah saya beri masukan sih, I told them that it’s not workshop Dear, it’s a seminar… Dan nampaknya mereka sih dengan legowo menerima masukan ini hehehe…

Anyway,
Memang masih banyak orang yang bingung membedakan beberapa jenis kegiatan seperti training, symposium, seminar, lokakarya/workshop, belum lagi ada istilah mentoringcoaching… apa’an aja si ini??

So, here it is … Kita mulai dengan yang paling umum dan sederhana:

Seminar, kata si Om Wiki merupakan merupakan salah satu bentuk dari proses akademis yang diselenggarakan bisa oleh lembaga akademik maupun organisasi profesi, bahkan bisa diselenggarakan oleh lembaga komersial. Poinnya adalah dalam seminar, ada satu topic dengan satu pembicara atau lebih, dan peserta seminar boleh bertanya apapun yang akan dijawab oleh pembicara. Normalnya, peserta bukanlah pemula dalam topic yang dibawakan, namun dalam seminar popular biasanya peserta malah dari mereka yang belum memiliki pengetahuan tetapi memiliki ketertarikan terhadap topic yang diberikan (Wikipedia, 2012). Sedang menurut kamus merriam-webster, ada 3 pengertian tapi yang paling gampang dipahami sih sebagai berikut: pertemuan tempat memberikan topic dan berdiskusi, titik. (merriam-webster). Jadi gampangannya ciri seminar adalah ada pembicara (boleh satu atau lebih), ada topic tertentu (pada umumnya satu topic satu pembicara), ada peserta/audience (boleh pemula maupun yang sudah ahli), ada sesi presentasi dan dilanjutkan dengan diskusi. That’s it.   

Simposium, lah terus apa bedanya ama symposium? Ada satu definisi yang mudah banget dipahami dari kamus merriam-webster: “a formal meeting at which several specialists deliver short addresses on a topic or on related topics” (merriam-webster). Nah dah keliatan kan bedanya: beberapa pembicara ahlisatu topic dibahas dari beberapa sisiaudience biasanya bukan pemula, ada presentasi dan diskusi.

Lokakarya/Workshop, nah kalo lokakarya ato workshop apa’an donk? Kalo nurut Om Wiki yang English style sih agak aneh, hehe… gak salah, tapi bukan yang kita butuhkan. Sedang Wiki bahasa Indonesia bilang: “Suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya. Sebuah lokakarya adalah pertemuan ilmiah yang kecil” (Wikipedia Indonesia). Lebih masuk akal yaa? Sedang nurut si kamus merriam-webster: “a usually brief intensive educational program for a relatively small group of people that focuses especially on techniques and skills in a particular field” (merriam-webster). Jadi poinnya pada lokakarya/workshop: pembicara hanya memberikan overview pada topic tertentupeserta umumnya orang yang sudah berpengalaman dalam topic tersebut, peserta akan dibagi dalam kelompok untuk berdiskusi, dan hasil diskusinya merupakan hal-hal yang umumnya membutuhkan tindak lanjut.

Training, the last… menurut om Wiki, training itu merujuk pada perolehan pengetahuan, ketrampilan dan kompetensi sebagai hasil dari prosesnya. Training memiliki tujuan meningkatkan kemampuan pesertanya dalam 3 hal tersebut diatas (Wikipedia). Sehingga training memiliki karakteristik: ada pelatih (instead of pembicara), ada peserta pelatihan (idealnya berjumlah maksimum 20 orang, lebih dari itu biasanya tidak efektif. Tetapi tergantung juga jenis pelatihannya), proses biasanya terdiri dari sesi presentasi, diskusi dan latihan ketrampilan, dan outputnya berupa peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan kompetensi peserta pelatihan. Just as OOT, saat ini lab IKM-KP sedang mengadakan pelatihan methodology untuk PPDS EM RSSA. Dalam proses pelatihan ini selain me-refresh pengetahuan dasar statistic, peserta juga dituntut untuk berlatih menggunakan piranti statistic (dalam hal ini SPSS), trus PR minggu ini adalah mencari jurnal ilmiah untuk dikritisi… (woops, baru inget itu PR ku juga, kwkwkw). Output yang diharapkan dalam pelatihan ini nantinya kami akan bisa melakukan critical appraisal pada jurnal ilmiah yang ada, karena ternyata tidak semua jurnal ilmiah yang internationally published merupakan jurnal/penelitian yang “bagus”.

So, sekarang apakah sudah cukup jelas beda antara SEMINAR, SIMPOSIUM, LOKAKARYA/WORKSHOP dan TRAINING? Saya mencoba membuat bagan sederhana yang memudahkan identifikasi ke-empat jenis kegiatan ini, check it out the picture yaa... 

So, hopefully dengan tulisan yang sangat ringan ini bisa membantu teman-teman semua untuk membedakan jenis kegiatan yang akan dilaksanakan. Ada yang berminat menjadi EO (Event Organizer) untuk setiap kegiatan tersebut diatas? Kalo ada, hyuuk mari… I would love to help you all in the process J


Cheers,
= Retha =

Ps: tulisan ini sangat terbuka untuk dikritisi, so if you have other idea or you might want to make correction on this, every input will highly appreciated


Bibliography
merriam-webster, K. (n.d.). Retrieved march 15, 2012, from http://www.merriam-webster.com/dictionary/seminar
merriam-webster, K. (n.d.). Retrieved March 15, 2012, from http://www.merriam-webster.com/dictionary/symposium
merriam-webster, K. (n.d.). Retrieved March 15, 2012, from http://www.merriam-webster.com/dictionary/workshop
Wiki. (n.d.). Retrieved March 15, 2012, from Wikipedia Indonesia: http://id.wikipedia.org/wiki/Lokakarya
Wikipedia. (n.d.). Retrieved March 15, 2012, from http://en.wikipedia.org/wiki/Training
Wikipedia. (2012, February 26). Retrieved March 15, 2012, from http://en.wikipedia.org/wiki/Seminar



 ·  ·  · Share · Delete

No comments:

Post a Comment